Minggu, 09 Februari 2014

CARA BERHENTI MEROKOK

Assalaamu 'alaykum wa rohmatullohi wa barokaatuh, 'alal-muslimiina wal-muslimaat

             Pertama-tama saya ucapkan alhamdulillah karena berkat rahmat Alloh saya berkesempatan untuk menulis artikel diblog ini. Sholawat serta salam tidak lupa kita panjatkan ke Nabi Muhammad Shollallohu 'alayhii wa 'alaa aaliihii wa sallam. Dewasa ini rokok memang bukanlah hal yang tabu lagi, bahkan lebih dari 90% lelaki yang saya temui walaupun dia sekarang sudah berhenti tapi tidak dipungkiri bahwa dulunya seorang perokok. Rokok menjadi sesuatu yang teramat istimewa bagi para penikmatnya, namun menjadi petaka bagi perokok pasif. Walaupun peringatan dari kemenkes tahun 2013 lalu bahwa "merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan lain-lain". Bahkan ditahun 2014 peringatannya berubah menjadi "rokok membunuhmu". Namun tetap saja bagi para penikmat rokok hanyalah sebagai peringatan belaka, tapi tidak berefek kepada dirinya sendiri. Memang satu sisi rokok merupakan pemasukan besar pedagang dan negara. Namun rokok juga menimbulkan kemudhorotan bagi banyak orang. Dari kandungan tar yang dihasilkan rokok amatlah buruk bagi kesehatan dan kecanduan merokok membuat seseorang akan banyak mengeluarkan uang untuk membeli hal yang sia-sia yaitu rokok.
               Merokok secara umum diketahui memang membuang uang secara sia-sia, adapun disini saya menyampaikan cara bagaimana untuk menghilangkan kebiasaaan merokok, yang saya sendiri pernah mengalaminya. Mulai dari rasa asam dimulut, kemudian rasa pusing dikepala dan bahkan seluruh kepala terasa kesemutan. Namun bukan hal yang mustahil bagi saya untuk menghentikannya. Walaupun sebagian ulama mengatakan mubah/boleh hukumnya merokok, bahkan ada yang mengatakan makruh dan ada pula yang mengatakan harom. Namun hendaknya merokok dihindari karena ini merupakan salah satu kebiasaan yang kurang baik. Adapun saya berikan tips-tips menghentikan rokok, yaitu sebagai berikut:
               1)perbanyaklah berpuasa sunnah terutama puasa daud, karena dengan berpuasa diyakini dapat mengurangi rasa keinginan merokok, bahkan saya pernah hanya merokok paling banyak 3 batang dibulan puasa, padahal setiap harinya bisa menghabiskan 1 bungkus.
                2)sibukkanlah diri dengan hal lainnya, karena dapat bermanfaat untuk mengusir perasaan ingin merokok lagi, seperti: berdzikir, tilawah al-qur'an, mengkaji nahwu shofof,dan lain-lain
                3)Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, namun tetap saja susah untuk berhenti merokok. maka lakukanlah hal ini agar bisa berhenti, yaitu mandi dan memasukkan seluruh kepala beberapa kali kedalam bak mandi, Bila perasaan merokok ini timbul lagi. Karena Rosululloh pernah mengajarkan bila perasaan amarah timbul, hendaklah berwudhu. Adapun tips kedua yang saya ajarkan berguna juga. Karena ini menjadi cara untuk menghilangkan dari kecanduan MIRAS, NARKOBA, dan MEROKOK. Dan ini dapat menyegarkan pikiran dan otak anda dari hal yang sulit dihindari Adapun perasaan keengganan bila memasuki waktu malam dan shubuh untuk mandi, maka tambahkanlah air hangat agar tubuh juga terasa fit.
                    Demikian yang dapat saya sampaikan, bila ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.wa billahi taufiq wal-hidaayah, Assalaamu 'alaykum wa rohmatullohi wa barokaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar